BPKB Hilang? Ini Dia Cara Mengurusnya

Contoh Surat – Jika Anda merupakan pemilik kendaraan bermotor, pasti Anda memiliki dokumen penting yang bernama BPKB. BPKB adalah singkatan dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, dan merupakan buku yang diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Kepolisian RI (Satlantas Polri) sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor. BPKB merupakan syarat sah dalam memiliki kendaraan bermotor.

Tiap-tiap yang memiliki kendaraan bermotor harus mempunyai BPKB, jadi dokumen perlu ini mesti disimpan dengan sebaik-baiknya. Karna bila hingga hilang, jadi walau dapat diurus pembuatan BPKB baru penggantinya, akhirnya cukup menelan saat serta tenaga.

Bila Anda kehilangan BPKB, tidaklah perlu bingung karna disini juga akan dibicarakan tentang prasyarat serta langkah mengurusi pergantian BPKB yang sudah hilang, sesuai sama info yang diantaranya di sampaikan oleh Divisi Humas Mabes Polri dalam akun Facebooknya.

Kriteria Pengurusan BPKB Hilang

Sama dengan prosedur mengurusi STNK yang hilang, mengurusi BPKB yang hilang juga dikerjakan di Kantor SAMSAT (System Manunggal Satu Atap). Tetapi sebelumnya mendatangi SAMSAT, Anda mesti terlebih dulu lakukan menyiapkan berkas kelengkapannya, yakni :

1. Surat Info Kehilangan BKPB dari Kantor Kepolisian
Anda mesti memberikan laporan kehilangan BPKB Anda di kantor polisi, minimum di tingkat Polsek atau Polres. Kelak Anda juga akan dibuatkan Surat Info Kehilangan BPKB.

2. Dokumen-Dokumen Perlu Lainnya
– Untuk perseorangan : Kartu Sinyal Masyarakat (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) yang sah serta masih tetap berlaku bersama satu lembar fotokopinya. Untuk yang berhalangan atau tidak dapat datang sendiri mesti menyertakan Surat Kuasa bermaterai cukup.
– Untuk Tubuh Hukum : Salinan Akta Pendirian bersama satu lembar fotokopinya, surat info bertempat, Surat Kuasa bermaterai cukup serta di tandatangani oleh pimpinan dan dibubuhi stempel tubuh hukum yang berkaitan.
– Untuk Lembaga Pemerintah : Surat Info Kepemilikan BPKB Lembaga yang di tandatangani oleh pimpinan lembaga serta distempel oleh lembaga yang berkaitan.

3. Surat Pernyataan BPKB Hilang

Surat pernyataan BPKB hilang ini di buat dengan dibubuhi materai yang cukup serta di tandatangani yang memiliki BPKB.

4. Bukti Pemasangan Iklan Kehilangan BPKB di Media Massa

Anda mesti menempatkan iklan baris yang diisi berita kehilangan BPKB Anda di minimum dua media bikin dengan tenggang saat pemasangan sepanjang dua bln.. Lampirkan surat info kehilangan dari kepolisian waktu Anda lakukan permintaan untuk menempatkan iklan itu. Taruh kwitansi bukti pemasangan iklan bersama kliping iklan-iklan yang berkaitan, yang nanti mesti dilampirkan dalam permintaan pembuatan BPKB pengganti.

5. Surat Info BPKB Tidak Dalam Status Jaminan/Agunan Bank

Anda butuh memohon Surat Info dari pihak bank kalau BPKB tidak dalam status Jaminan Bank atau Agunan, bila di lokasi itu ada tidak lebih dari dua bank.

6. Berita Acara Pemeriksaaan (BAP) singkat dari Tubuh Reserse Kriminil (Bareskrim).
7. STNK asli serta fotokopinya, dan Notice (Catatan/Struk/Laporan) Pajak yang berlaku.
8. Foto copy BPKB lama yang hilang

Bila Anda tidak mempunyai atau menaruh fotokopinya, Anda baiknya ketahui nomornya.