Langkah Menghapus Jejak dari Pencarian Google, Data Pribadimu Nggak Jadi Konsumsi Publik Lagi

Di masa sekarang ini, keberadaan internet seolah nggak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, baik untuk kebutuhan pencarian informasi, media sosial, belanja dan aktivitas online lainnya. Salah satu mesin pencarian yang banyak digunakan adalah Google. Sebagai perusahaan multinasional, Google memiliki kewenangan untuk menyimpan data pribadi masing-masing penggunanya, mengingat kita juga telah menggunakan layanannya secara gratis.

Akhirnya, sederet info yang dibutuhkan juga akan terpampang terang dari beragam data yang dihimpun, dari mulai alamat e-mail, akun website media sosial, bahkan juga photo sampai nomor kontak bila mujur.

Tetapi, bagaimana bila kita malah terasa tereksploitasi oleh internet serta inginkan privacy dengan menyingkirkan jejak yang terekam oleh mesin pencarian? Belum juga bila info data pribadi kita digunakan untuk maksud negatif? Walau tidak gampang untuk menghapus semuanya info pribadimu dari internet, paling tidak anda telah coba beberapa cara yang sudah Hipwee Panduan kumpulkan di bawah ini.

1. Langkah awal bila anda menginginkan ‘undur diri’ dari dunia maya adalah menghapus semuanya akun di website media sosial, service jaringan sampai website berbelanja online

Cobalah ingat-ingat, di akun mana saja anda yang terdaftar profilmu di dalamnya. Terkecuali akun media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn serta Instagram, mungkin anda masih tetap mempunyai akun umum di website seperti Tumblr, Google+, atau bahkan juga website pribadi umpamanya. Termasuk website berbelanja on-line yang jangan pernah terlewati.

Bila anda menginginkan menghapus pencarian, ubahlah penyusunan profil jadi private atau pribadi. Atau, bila anda inginkan namamu hilang sekalipun, ingin tidak mau anda mesti menghapus semua akun di bebrapa website yang dibarengi.

2. Menghubungi website berkaitan untuk bersedia menghapus info pribadi yang terdaftar disana

Hal semacam ini berlangsung bila anda mempunyai website pribadi atau perusahaan tempatmu bekerja yang memberikan data dirimu. Nah, bila menginginkan menghapus menulis komunitas, anda mesti menghubungi webmaster dari website itu dengan perorangan. Cobalah saksikan dibagian ‘about us’ atau kontak pada halaman website untuk temukan orang yang pas untuk dihubungi. Bila tidak nemu juga, anda dapat buka www. whois. com serta mencari kontak dari nama domain yang menginginkan dihubungi.

Walau operator website pribadi tidak berkewajiban menghapus postingmu, tetaplah berlaku sopan serta nyatakan dengan terang mengapa anda menginginkan menulis itu dihapus supaya mereka selekasnya menindaklanjuti yang dirasakanmu.

3. Yakinkan nomor teleponmu aman dari pencarian di internet dengan memohon pertolongan provider yang anda gunakan

Nomor telepon adalah satu diantara info yang sifatnya privacy serta layak anda amankan dari dunia maya. Coba memohon pihak provider untuk menghapus info yang terkait dengan nomor telepon pribadimu. Begitu halnya database pelanggan beda yang dapat buat nama serta rincian info nomor teleponmu disimpan di internet. Hal semacam ini dapat membantumu untuk terlepas dari pihak-pihak iseng atau pihak tidak di kenal untuk menghubungimu seenaknya.

4. Walau akun media sosial telah tidak diaktifkan, terkadang data diri maupun foto-fotomu masih tetap dapat tampak. Jadi kerjakan penghilangan memakai tools yang ada di Google

Sesudah menonaktifkan akun-akun yang anda punyai, coba mendeteksi sisa data pribadimu di internet dengan lakukan pencarian lewat nama akun media sosial, nama lengkap, atau nama panggilan. Bila anda masih tetap temukan photo pribadi atau data pribadi yang di rasa mengganggu, kerjakan penghilangan dengan tools yang ada pada Google.

Submit URL dari data yang menginginkan dihapus pada halaman tools removal di Google. Keinginannya, Google juga akan memperbarui servernya serta menghapus hasil pencarian tembolok hingga anda tidak sekali lagi berkaitan dengan halaman. Walau tidak ada jaminan Google juga akan menghapus informasi tembolok, tapi langkah tersebut layak dicoba.

5. Senantiasa hapus data sesudah belanja lewat on-line untuk hindari info yang terekam di mesin pencarian

Umumnya, pembayaran yang paling gampang dikerjakan waktu lakukan berbelanja on-line yaitu dengan memakai ATM transfer atau memakai kartu credit. Sama seperti seperti kartu credit yang mengharuskanmu memberikan data pribadi, kadang-kadang anda harus juga memberikan konfirmasi pembayaran berbelanja on-line lewat ATM transfer itu, lengkap dengan nomor telepon serta alamat pengiriman. Maka dari itu, setiap saat anda berbelanja on-line, upayakan untuk segera menghapus data dirimu, ya!

6. Bila anda malas melakukan sistem yang panjang, mintalah pertolongan dari service pengumpulan data. Tapi berbayar, ya!

Untuk meyakinkan kalau data pribadimu telah betul-betul terhapus dari internet, anda dapat minta pertolongan service pengumpulan data untuk menghapus data-data dirimu dari internet. Sebagian service pengumpulan data ini memanglah berbayar, tetapi hal semacam ini dapat menolong anda yang betul-betul menginginkan menghilang dari internet. Satu diantara misalnya adalah pertolongan tools dari website yang bernama Deseat. me. Website ini memanglah mempunyai kekuatan spesial untuk menghapus semuanya data diri yang sudah anda pakai mendaftar di internet.

7. Menghapus akun e-mail juga dibutuhkan manfaat menyingkirkan semuanya info yang berkaitan dengan email

Anda butuh memantapkan diri waktu memutuskan besar ini, mengingat alamat e-mail begitu dibutuhkan untuk mensupport kemampuan kita, tanpa ada e-mail kita juga akan begitu kesusahan terkait dengan orang yang lain.

Tergantung pada type akun e-mail yang anda punyai, jumlah langkah yang dibutuhkan untuk menghapus alamat e-mail akan beragam. Pertama-tama, anda mesti masuk ke akun lalu dapatkan penyusunan untuk menghapus atau tutup akun. Sebagian akun juga akan tetaplah terbuka sepanjang saat spesifik. Jadi, ada peluang bila anda menginginkan mengaktifkannya kembali. Berhubung alamat e-mail masih tetap dibutuhkan untuk merampungkan beberapa langkah terlebih dulu, jadi yakinkan langkah ini dikerjakan paling akhir, ya.

Bila datang saatnya anda jengah dengan kehidupan didunia maya serta menginginkan akhirinya, ingat-ingatlah untuk bersabar melakukan akhirnya, janganlah mengharapkan anda dapat merampungkannya dalam satu hari. Anda juga mesti terima kalau memanglah ada banyak hal yang tidak juga akan dapat terhapus dengan permanen dari internet. Tetaplah jagalah komunikasi, ya! Sumber: terbarux.blogspot.com