Serunya mancing group di Mandalika Jepara

Perairan Pulau Mondoliko memiliki ekosistem yang terjaga dengan baik, salah satunya dengan hamparan yang subur, baik yang alami maupun buatan. Kondisi ini tentunya sangat berguna pengembangan ikan – ikan yang tinggal di lokasi ini. Tak heran, jika spesies kerapu bisa tumbuh seperti monster.

Mondoliko atau Mandalika, salah satu pulau yang berada di pesisir utara pulau Jawa, untuk bisa mendeteksi potensi monster ikan kerapu tersebut. Pantai Benteng Portugis, untuk menjadi nama lain. Posisi laut di pulau ini, tepatnya di bawah bukit Watu Putih atau pegunungan Jepara Celering. Sementara itu, kedalaman samudra Mondoliko bisa mencapai 25 sampai 43 meter, dengan garis pantai mencapai 9 sampai 20 mil. “Namun, jarak antara sendi mancingnya lokal, sehingga memudahkan kita untuk bergerak,” kata Fery Agung Prasetyo, penggemar Pemancing air asin.

Selain itu kerapu, ada Red Snapper, Jenaha, Baby GT, Barrakuda, Makarel yang menggantung dan berkembang di laut ini. “Wuuiiihh … setelah cukup bertarung, akhirnya aku bisa mendaratkan predator ini,” katanya lega. Tanpa disangka, ia berhasil menyerang Kertang Grouper seberat 20 kilogram dengan Joran Pancing kesayangannya. Kelihatannya seperti wajah bahagia, seolah rasa lelah tak terasa. “Mantaab … Meski kerja keras, cepat, hahaha …” katanya lagi.

Pemancing Grobogan menyarankan, jika Anda ingin mencapai ikan kerapu besar, Kickang akan datang ke Mondoliko di pertengahan akhir tahun, sekitar bulan Juli sampai November. “Kalau Pemancing Pantura biasanya memanggilnya dengan juara musim ini,” sebutnya.

Bersama Jimy Wong, Kaji Cux, Fendy Krisna, Adityo Satrio, Bapak Alba, serta anggota masyarakat Sedulur Fishing People Saint (Semarak), namun Fery – Seperti biasa dia sebut, kerap menjajaki keberadaan kerapu di perairan ini. . “Sangat menyenangkan memancing di lokasi ini, apalagi didukung oleh kapten yang berkualitas – Andi Calvin Mbenteng,” katanya.

Ferry juga mengatakan, pastikan membawa alat tangkap terbaik untuk menabrak ikan bertulang. “Aman menggunakan alat pancing yang” berat “, sarannya.Joran 150-180 cm, dengan kekuatan 60 sampai 80 lbs, ukuran 8000 mill, misalnya garis 80-100 lb, digunakan saat mendaratkan bodi yang sangat tinggi. ikan bergizi. “Saya juga menggunakan garis pemimpin 100-150 pound dan niklin 80-100 lbs dan nomor 12/0 hook sampai 14/0, di tubuh ngimbangi ikan ini,” katanya.

Memancing di tanah menggunakan umpan langsung telah menjadi teknik yang dipilih Ferry untuk mencapai target di mulut Kerapu Kertang. Menurutnya, teknik ini menggabungkan dengan karakteristik ikan bulat.

“Predator ini kaya akan karakter kanibal, jadi saya pribadi lebih suka menggunakan umpan ikan hidup yang sesuai dengan dasar memancing,” jelasnya. Ia juga mengatakan, tantangan memancing ikan Kapang Kerapu yang membutuhkan energi ekstra dari Pemancing, jadi memompa adrenalin. “Istilahnya, saya menyembunyikannya sedikit lebih atau kurang, untuk bisa mengikat dan memaksa merosot sarangnya,” katanya lagi.

Menariknya, predator kerapu kelas raksasa yang tinggal disekitar pulau Mondoliko, senang ‘bersembunyi’ di gua gua, terumbu karang, sampai ke jurang bangkai. “Kebiasaan itu unik karena suka menyergap umpan yang disimpan di sarang lagi,” kata Ferry.

Fery juga menyarankan, bagi Pemancing lain yang ingin merasakan serangan Kertang Grouper di Mondoliko harus memiliki keahlian mengendalikan ketergesaan mereka. “Hati-hati pada jalur yang sama, jangan tertangkap oleh batu, apalagi pergerakan ikan ini cukup sulit untuk dimatikan,” jelasnya. “Salah, string yang salah bisa pecah,” lanjutnya.

Lokasi tepat penangkapan ikan di tempat di pulau Mondoliko, terletak di desa Ujung Watu, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Jika berangkat dari Kota Suci, dibutuhkan sekitar 1-2 jam untuk bepergian.

Jika Pemancing tidak punya waktu untuk menyiapkan persediaan, tidak perlu khawatir, karena kita bisa masuk desa sebelum masuk tempatnya. Banyak juga, penyedia makanan sekaligus toko yang menjual kebutuhan sehari-hari.

Untuk penginapan, vila yang tersedia tidak jauh dari lokasi penangkapan ikan. Sebelum melakukan kegiatan memancing, Pemancing bisa sempat dengan berwisata ke Pelabuhan Portugis ke Gua Manikin.