Apa Itu Hacking

sleep apneaHacking adalah tentang memanipulasi dan melewati sistem untuk memaksa mereka melakukan hal yang tidak diinginkan.
BACA JUGA : Tutorial Hacking

Sementara sebagian besar hacker adalah penggemar hina, beberapa peretas menimbulkan kerusakan yang meluas dan menyebabkan luka finansial dan emosional. Perusahaan korban kehilangan jutaan biaya perbaikan dan ganti rugi; Individu korban kehilangan pekerjaan, rekening bank mereka, dan bahkan hubungan mereka.

Jadi, apa contoh hacks skala besar yang mendatangkan malapetaka ini? Apa hacks terbesar dari sejarah baru-baru ini?
Dengan ‘terhebat’ yang identik dengan ‘paling keras’, inilah daftar hacks yang patut diperhatikan dari 20 tahun terakhir. Saat Anda membaca daftar di bawah ini, Anda pasti ingin mempertimbangkan kembali praktik kata sandi Anda sendiri. Kami telah menyertakan beberapa saran kuat di bagian bawah artikel ini untuk membantu Anda mengurangi risiko bahwa Anda juga akan di-hack suatu hari nanti.

01

Ashley Madison Hack 2015: 37 Juta Pengguna
Komputer diretas
AndSim / iStock
Tim Impact Group hacker masuk ke server Avid Life Media dan menyalin data pribadi dari 37 juta pengguna Ashley Madison. Para hacker kemudian secara bertahap merilis informasi ini ke seluruh dunia melalui berbagai situs. Dampak memalukan terhadap reputasi pribadi orang telah mengalami riak di seluruh dunia, termasuk klaim bahwa bunuh diri pengguna diikuti setelah peretasan.

Hack ini mudah diingat bukan hanya karena publisitasnya dampaknya, tapi karena para hacker juga mendapatkan ketenaran sebagai pejuang perang melawan perselingkuhan dan kebohongan.

Baca lebih lanjut tentang pelanggaran Ashley Madison:
Rob Price menggambarkan dampak skandal hack Ashley Madison
Callum Paton memberitahu kita bagaimana Anda bisa mengecek apakah pasangan Anda terpengaruh oleh hack tersebut
Krebs on Security menjelaskan bagaimana hack tersebut terjadi

02

The Conficker Worm 2008: Masih Mencium Juta Komputer setahun
Conficker worm malware: masih infeksi 1 mil komputer per tahun
Conficker worm malware: masih infeksi 1 mil komputer per tahun. Steve Zabel / Getty
Meskipun program malware tangguh ini tidak menimbulkan kerusakan irrecoverable, program ini menolak untuk mati; itu secara aktif menyembunyikan dan kemudian menyalin dengan nakal ke mesin lain. Yang lebih menakutkan: worm ini terus membuka backdoors untuk pengambilalihan hacker masa depan dari mesin yang terinfeksi.

Program cacing Conficker (alias worm ‘Downadup’) mereplikasi dirinya sendiri di komputer, di mana letaknya di tempat tersembunyi entah) mengonversi mesin Anda menjadi bot zombie untuk melakukan spamming, atau b) membaca nomor kartu kredit dan kata sandi Anda melalui keylogging, dan mengirimkan rincian tersebut ke pemrogram.

Conficker / Downadup adalah program komputer yang sangat cerdas. Ini secara defensif menonaktifkan perangkat lunak antivirus Anda untuk melindungi dirinya sendiri.

Conficker patut dicatat karena ketahanan dan jangkauannya; itu masih berjalan di Internet 8 tahun setelah penemuannya.

Baca lebih lanjut tentang program cacing Conficker / Downadup:
Kelly Burton menggambarkan sisi teknis worm Conficker
Cara mendeteksi dan menghapus Conficker dari komputer Anda
Symantec juga bisa menghapus worm untuk anda

BACA JUGA : Hack Wifi

03

Stuxnet Worm 2010: Program Nuklir Iran Diblokir
Worm Stuxnet mengatur kembali program nuklir Iran selama bertahun-tahun
Worm Stuxnet mengatur kembali program nuklir Iran selama bertahun-tahun. Getty
Sebuah program cacing yang berukuran kurang dari satu megabyte dilepaskan ke pabrik penyulingan nuklir Iran. Sesampai di sana, diam-diam mengambil alih sistem kendali Siemens SCADA. Cacing licik ini memerintahkan lebih dari 5000 sentrifugal uranium 8800 untuk tidak terkendali, lalu tiba-tiba berhenti dan kemudian melanjutkan, sambil melaporkan semuanya dengan baik. Manipulasi kacau ini berlangsung selama 17 bulan, merusak ribuan sampel uranium secara rahasia, dan menyebabkan staf dan ilmuwan meragukan pekerjaan mereka sendiri. Sementara itu, tidak ada yang tahu bahwa mereka ditipu dan sekaligus dirusak.

Serangan yang licik dan sunyi ini menimbulkan kerusakan yang jauh lebih besar daripada hanya menghancurkan penyuling yang memusatkan diri; worm tersebut memimpin ribuan spesialis menyusuri jalan yang salah selama satu setengah tahun, dan menghabiskan ribuan jam kerja dan jutaan dolar untuk sumber uranium.

Worm ini bernama ‘Stuxnet’, sebuah kata kunci yang ditemukan dalam komentar internal kode tersebut.

Hack ini mudah diingat karena adanya optik dan tipuan: ia menyerang program nuklir sebuah negara yang telah berkonflik dengan AS dan kekuatan dunia lainnya; itu juga menipu seluruh staf nuklir selama satu setengah tahun karena melakukan perbuatan jahatnya secara rahasia.