Samarinda

Kode Pos

Samarinda
Samarinda adalah ibu kota provinsi Kalimantan Timur Indonesia di pulau Kalimantan. Kota ini terletak di tepi Sungai Mahakam. Ini adalah kota terpadat di seluruh pulau Kalimantan, dengan perkiraan populasi 842.691,  naik dari 726.223 pada Sensus 2010. [3] Meski merupakan ibu kota Kalimantan Timur, beberapa instansi pemerintah seperti Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia VI Tanjung Pura, dan Pelabuhan Indonesia (Pelabuhan Transportasi) berada di pulau tersebut. Samarinda dikenal dengan makanan tradisional amplang, serta kain sarung samarinda. [Rujukan?] Kota ini juga memiliki jembatan penghubung dengan tepian sungai, Jembatan Mahakam. Pusat kota berada di satu sisi dan sisi lainnya dinamai Samarinda Seberang.

Bagian ini tidak mengutip sumber apapun. Tolong bantu memperbaiki bagian ini dengan menambahkan kutipan ke sumber terpercaya. Materi yang tidak aman dapat ditantang dan dihapus. (Juni 2011) (Pelajari bagaimana dan kapan menghapus pesan template ini)
Pada awal Perang Gowa, Belanda di bawah komando Admiral Speelman menyerang Makassar dari laut. Sementara itu, sekutu lokal Belanda Arung Palaka memimpin serangan darat. Kerajaan Gowa terpaksa menyerah dan Sultan Hassanudin dibuat untuk menandatangani Traktat Bongaja pada tanggal 19 November 1667.

Namun, perjanjian tersebut tidak memadamkan semua masalah bagi Belanda, karena orang Bugis dari Gowa melanjutkan perjuangan mereka dengan menggunakan taktik gerilya. Beberapa orang Bugis pindah ke pulau-pulau lain di dekat Kalimantan. Beberapa ribu orang yang dipimpin oleh Lamohang Daeng Mangkona atau Pua Ado I, pindah ke Kalimantan Timur, yang kemudian dikenal sebagai Kutai, dimana mereka disambut oleh Sultan setempat.

Samarinda adalah kota kecil yang mengantuk pada tahun 1942 dengan beberapa ladang minyak kecil di sekitarnya. Ini diduduki oleh Jepang setelah Hindia Belanda telah jatuh.

Pada tahun 1955, Vikariat Apostolik Samarinda didirikan di kota ini. Pada tahun 1961, dipromosikan sebagai Keuskupan Samarinda. Pada tahun 2003, keuskupan tersebut dipromosikan sebagai. Keuskupan Agung Kota Samarinda.

Perkembangan terakhir seperti mal dan kompleks perumahan membuat Samarinda sedikit lebih layak huni daripada sebelumnya.

Kode Pos Desa