Simak Hal yang Mempengaruhi Harga Jual Kambing Qurban Berbeda-beda

Kurang dari 2 minggu lagi kita umat Islam akan menyambut hari raya Idul Adha. Di hari ini umat Islam yang sudah dipanggil Allah SWt sebagai tamunya datang ke tanah suci untuk menjalankan ibadah haji sebagai penyempurnaan rukun Islam. Tetapi bagi mereka yang belum berkesempatan, bisa melaksanakan ibadah yang lain yaitu dengan berqurban. Ibadah berqurban di hari raya Idul Adha bisa dilakukan di mana saja terutama yang berdekatan dengan rumah tinggal atau tempat mencari nafkah. Anda bisa menyembelih hewan ternak untuk kemudian daging ternak tersebut dibagikan pada mereka yang berhak. Lalu bagaimana jika tidak punya? Tentu saja Anda bisa membelinya, harga jual kambing qurban adalah harga ternak yang paling murah dibandingkan hewan ternak untuk qurban lainnya.

 

Meski yang dijual rata-rata adalah sama yaitu hewan ternak berupa kambing atau sapi, namun harga yang diberikan para penjual bisa berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga dari hewan ternak tersebut yaitu:

 

  • Bobot hewan ternak.

Semakin besar bobotnya akan menghasilkan daging yang semakin banyak, tentu harganya juga semakin mahal.

 

  • Jenis hewan ternak.

Sapi adalah jenis hewan ternak paling mahal, kemudian domba dan disusul dengan kambing, sebenarnya unta juga bisa diqurbankan, namun di Indonesia jarang yang memilikinya.

 

  • Waktu penjualan.

Waktu penjualan sangat menentukan harga jual kambing dan hewan lainnya. Semakin dekat dengan hari H maka harga bis semakin tinggi, namun di hari H-1, harga bisa rendah untuk menghabiskan stok hewan ternak yang belum laku.

 

  • Lokasi penjualan.

Semakin jauh dari asal hewan ternak maka harga hewan ternak semakin tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh biaya transportasi yang dibutuhkan untuk membawa mereka.

 

Meski banyak yang menjual hewan ternak, namun ada saat-saat terbaik untuk mulai memilihnya dan membelinya. Saat tersebut adalah satu minggu sebelum hari H hingga 2 minggu sebelum hari H. Hal ini disebabkan pada waktu-waktu tersebut pilihan hewan ternak masih banyak dengan variasi harganya. Jika Anda membeli sebelum waktu 2 minggu tersebut, bisa jadi penjual memberikan harga yang mahal karena umumnya masih akan dititipkan di penjual hingga hari H. Namun jika Anda membeli hewan kurban terlalu dekat dengan hari H dikhawatirkan pilihan hewan kurban akan sangat terbatas meski mungkin si penjual sudah mulai menurunkan harga.

 

Untuk harga jual kambing sendiri saat ini adalah berkisar antara Rp. 1,8 juta hingga Rp. 4 jutaan tergantung dari bobotnya. Sedangkan untuk sapi adalah sekitar Rp. 22 jutaan hingga Rp. 40 jutaan. Anda bisa memilih hewan qurban mana yang sesuai untuk ibadah qurban Anda untuk kemudian mulai memilih dan membelinya dari sekarang.