Cara Melakukan Shalat Istikharah

Semua kejadian yang terjadi di muka bumi merupakan atas izinNya Sang Maha Kuasa. Terkadang kita tidak menyadari bahwa dibalik semua takdir yang menimpa pada diri kita merupakan atas kehendakNya. Alloh SWT telah mengajarkan banyak hal kepada hambaNya melalui kitab suci yang diturunkan melalui para nabiNya. Pada zaman akhir ini, Alloh mengutus Nabi Muhammad sebagai khotammun nabiyyin atau nabi terakhir untk seluruh umat. Melalui beliau-lah Alloh SWT mengajarkan segala sesuatu tentang kehidupan ini. Termasuk ketika seorang hamba dihadapkan pada suatu masalah dan tidak bisa memutuskan dengan baik masalah tersebut. Alloh SWT mengajarkan untuk mengerjakan shalat istikharah.

Shalat istikharah ini kemudian diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya pada saat itu. Berikut adalah tuntunan shalat istikharah yang benar sesuai petunjuk Nabi Muhammad SAW:

  1. Ketika hendak melakukan segala sesuatu, maka yang paling utama ialah niatnya. Begitu pula hendak mengerjakan shalat istikharah, maka anda harus berniat terlebih dahulu. Perlu digarisbawahi bahwa niat hanya dilafadzkan dalam hati bahwa ingin melaksanakan shalat istikharah untuk mencari pahala dan jalan keluar dari Alloh SWT.
  2. Sholat sunnah dua rakaat. Sholat sunnah dua rakaat seperti sholat sunnah yang lain.
  3. Dalam shalat istikharah, Nabi Muhammad mengajarkan kita tentang doa dalam shalat istikharah. Doa tersebut bisa anda baca ketika sudah selesai mengerjakan shalat sunnah dua rakaat.

Anda bisa mengerjakan shalat istikharah ini beberapa kali dalam sehari.   Janganpernah mengeluh ketika sudah melakukan shalat istikharah berulang kali namun masih galau dalam sebuah pilihan. Lakukanlah terus menerus dan tambahkanlah kadar kekhusukan anda. Jawaban shalat istikharah anda akan muncul ketika anda sudah bisa memutuskan perkara tersebut. Sadar atau tidak sadar keputusan yang anda ambil tersebut merupakan keputusan yang In Sya Alloh diridhoi oleh Alloh SWT dan banyak keberkahannya. Mulai dari sekarang anda bisa mempraktekkan shalat istikharah sebagai jalan keluar ketika anda dihadapkan dalam masalah yang sulit diatasi. Anda juga bisa melaksanakan shalat istikharah ini sebagai bentuk kepasrahan.