Cukupi Istirahat Untuk Menghindari Mata Lelah

Tak hanya bodi, mata juga bisa capek. Kenali penyebabnya dan bagaimana menghadapi mata lelah sehingga aktivitas Anda tidak akan terganggu.

Mata lelah digambarkan sebagai gangguan mata yang disebabkan oleh penggunaan mata dalam waktu lama tanpa istirahat yang cukup. Kondisi ini sering dialami oleh orang yang melihat layar komputer atau mengemudi terlalu lama. Jika tidak ingin mata Anda lelah gunakan kacamata baca agar mata Anda tidak lelah.
Apa saja gejala mata lelah?
Gejala mata lelah meliputi nyeri, mata sakit atau gatal. Selain itu, mata berkaca-mata atau kering, penglihatan kabur, hantu dan kepekaan cahaya bisa terjadi. Selain membuatnya tidak nyaman, hal ini tak jarang menyebabkan penurunan produktivitas seseorang.

Gejala mata lelah juga bisa menyerang bagian lain tubuh, seperti sakit di bahu, leher, dan punggung. Tak jarang juga disertai sakit kepala.

Beberapa gejala ini akan terasa lebih jika pasien menderita kurang tidur. Tidur yang cukup sangat penting untuk mata. Saat tidur, mata akan diisi ulang dengan nutrisi penting. Kurang tidur sama dengan mengurangi atau mengganggu proses pengisian.

Menyebabkan mata lelah
Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan mata lelah.

Drive kendaraan dengan jarak jauh.
Melihat layar komputer atau gadget untuk waktu yang lama.
Terlalu banyak aktivitas membaca.
Layar terus menerus di ruangan dengan cahaya rendah.
Paparan cahaya yang terlalu terang atau mempesona.
Selain itu, udara kering, stres, kelelahan dan kondisi mata seperti otot mata yang tidak seimbang dan kelainan penglihatan yang tidak diobati juga berkontribusi pada penampakan mata yang lelah.

Mencegah Lelah Mata
Mata lelah sangat dekat dengan pekerjaan seseorang, sehingga Anda bisa melakukan sesuatu untuk menghindarinya.

Sesuaikan iluminasi dan posisi layar komputer
Gunakan alat yang bisa mengurangi paparan cahaya dari layar komputer. Saat menggunakannya, pastikan selalu menggunakan jarak aman layar dari 50-60cm. Pastikan untuk tetap membersihkan layar komputer agar pencahayaan tetap optimal.

Perhatikan pencahayaan ruangan
Buatlah penerangan ruangan agar tidak menyilaukan mata, termasuk menyesuaikan arah penerangan. Untuk jarak mata ideal dan layar komputer, gunakan jok yang bisa dikonfigurasi.

Perpecahan periodik dengan aturan ’20 -20-20 ‘
Saat melihat komputer atau membacanya, sebaiknya sesekali istirahat sejenak dari aktivitas. Setiap 20 menit, putar selama 20 detik dari layar atau baca dari komputer Anda dan amati di kejauhan, kira-kira enam kaki (20 kaki).

Cobalah hal berikut untuk merawat mata lelah
Selain pencegahan sebelumnya, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi mata lelah.

Saat membaca terlalu berat, sering kali berkedip. Jika perlu, ganti sejenak membaca sehingga mata bisa beristirahat. Tutup mata Anda dan pijatlah bait suci selama beberapa menit untuk mengurangi kelelahan mata. Jangan lupa atur pencahayaan untuk matamu.
Saat layar komputer sudah lelah, tingkatkan resolusi layar dan kurangi penerangan ruangan. Lalu atur jarak, kontras, dan ukuran huruf. Dengan mengubah tampilan dari layar komputer, hal itu juga bisa membantu mengurangi kelelahan mata. Peregangan dan peregangan tangan, kaki, bahu dan punggung bisa membantu mengurangi kelelahan tubuh.
Jika mata Anda terasa kering dan berkedip tidak membantu, maka Anda bisa menggunakan tetes air mata buatan. Anda juga bisa menutup mata dan membersihkannya dengan air hangat di wajah Anda.
Mata lelah umumnya bukan masalah serius dan akan hilang dengan jeda dan bentuk sederhana seperti yang dijelaskan. Namun, pastikan untuk mengunjungi dokter jika gejalanya menetap.