Kacamata Baca Untuk Orang Yang Menderita Presbiopia

Bagi orang dengan gangguan okular presbiopia, pilihan lensa baca bukan hanya satu, tapi ada beragam. Sejalan dengan kebutuhan Anda, kenali berbagai kacamata baca sebelum membelinya.

Presbiopia adalah kelainan umum dari penglihatan jangka pendek dengan usia. Di usia yang lebih muda, lensa mata lebih fleksibel sehingga bisa berubah bentuk tergantung jarak benda dari penglihatan. Seiring bertambahnya usia, fleksibilitas eyepieces ini bisa berkurang, sehingga kemampuan untuk fokus pada benda jarak dekat berkurang.

Pilihan kacamata baca untuk orang-orang yang menderita presbiopia

Jika Anda memiliki presbiopia, Anda akan mengalami kesulitan membaca di kisaran normal, pusing saat membaca dari jarak dekat, dan hanya bisa membaca dengan cukup jelas dengan jarak baca di sepanjang lengan. Untuk mengatasinya, jika Anda tidak memakai kacamata sebelum mengalami presbiopia, Anda bisa menggunakan kacamata baca yang dijual bebas tanpa resep dokter. Usahakan memilih tingkat pembesaran terendah yang bisa membuat aktivitas membaca menjadi nyaman.

Jika kacamata baca gratis tidak membuat Anda membaca dengan nyaman, Anda dapat terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter mata untuk mendapatkan kacamata baca yang benar. Berikut adalah beberapa pilihannya:

Bifokal
Pernahkah Anda melihat kacamata dengan dua lensa berbeda di lensa kacamata? Ini disebut kacamata baca bifokal. Bagian utama lensa adalah resep untuk penglihatan jarak jauh atau penglihatan jarak dekat, sedangkan lensa di bagian bawah adalah lensa dengan resep kuat untuk membantu Anda melihat benda yang lebih dekat. Bifokal juga tersedia dalam bentuk lensa kontak yang kaku dan fleksibel, dimana kedua lensa memiliki kemampuan yang berbeda. Satu lensa bekerja untuk memperbaiki penglihatan dari jarak dekat, sementara lensa lain meningkatkan penglihatan jarak jauh.

Trifokal
Jika bifokal memiliki dua lensa yang berbeda dalam satu kacamata lensa. Kemudian kacamata baca trifokal memiliki tiga bagian yang berbeda. Ada beberapa bagian untuk jarak jauh, jarak pendek dan menengah. Lensa Trifokal bisa dibuat tanpa atau dengan garis di antara ketiga lensa tersebut.
Selain kacamata baca, presbiopia juga bisa diobati dengan operasi, seperti operasi LASIK, keratoplasti konduktif, dan penggantian lensa natural dengan lensa buatan.

Jaga kacamata baca Anda
Agar kacamata baca tetap nyaman saat digunakan dan bertahan lama, berikut beberapa cara untuk membaca kacamata hitam.

Siapkan air hangat dan sabun ringan, seperti sabun pencuci piring atau sabun bayi. Hindari menggunakan deterjen sitrat berbasis sabun.
Basahi gelas dengan air hangat, lalu bersihkan sabun pada lensa dan bingkai gelas dalam gerakan melingkar. Kemudian bilas gelas dengan air hangat sampai bersih.
Keringkan gelas dengan handuk lembut atau kanebo.
Sekarang Anda tahu beragam kacamata baca untuk presbiopia, kan? Pilih apa yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan memaksa membeli kacamata baca yang dijual bebas jika tidak membuat Anda nyaman membaca, dan segera konsultasikan dengan kondisi mata Anda ke dokter mata.