Pemahaman dan Manfaat, Kerugian dan Keuntungan Vaksin Meningitis

Sebelum jamaah menjalankan Ibadah haji maupun umroh atau malahan bepergian ke luar negeri, karenanya jamaah hal yang demikian diharuskan untuk menjalankan suntik meningitis, terutamanya ke negara-negara yang mempunyai riwayat epidemik meningitis.

Sebab Pentingnya persoalan ini, karenanya pemerintahan Kerajaan Arab Saudi mengharuskan suntik vaksin meningitis sebagai syarat totaliter sebelum jamaah menjalankan ibadah umroh atau haji. Berdasarkan WHO (World Heath Organization) negara Arab Saudi termasuk salah satu daerah endemik bagi penyebaran virus penyakit meningitis. Virus meningitis ini betul-betul membahayakan sebab bisa sebabkan kematian dan cacat yang cukup serius.

 

Tapi apakah hakekatnya yang disebut sebagai meningitis itu?. Meningitis yaitu radang terhadap membran pelindung yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang, yang secara kesatuan disebut sebagai meningen.
Suntik Vaksin Meningitis Sebelum Umroh atau Haji.
Sehubungan dengan aktivitas ibadah Umroh dan Haji, layanan imunisasi meningitis meningokokus ACW135Y bisa didapat di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) semua Indonesia. Sesudah mendapatkan vaksinasi meningitis meningokokus, calon jamaah dikasih kartu ICV (International Certificate of Vaccination) sebagai persyaratan mendapatkan visa. Vaksin yang dipakai yaitu vaksin meningitis meningokokus Menveo ACW 135Y yang sudah menerima izin edar berasal dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) dan diungkapkan halal menurut Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Imunisasi meningitis yaitu syarat semestinya untuk mendapatan visa layak ketetapan yang diatur Pemerintah Arab Saudi bagi seluruh calon jamaah haji dan umroh. Untuk efektivitas vaksin, imunisasi dikasih sekurang-kurangnya dua pekan sebelum keberangkatan. Tujuan imunisasi yaitu untuk melindungi jamaah berasal dari penularan penyakit meningitis sepanjang 3 tahun.

Vaksin Pencegah Penularan.

Kecuali itu untuk mencegah penularan antar jamaah berasal dari semua dunia dan juga mencegah penularan meningitis terhadap keluarga di tanah air. Meningitis meningokokus ditularkan lantas via percikan cairan hidung dan tenggorokan terhadap dikala batuk/bersin berasal dari penderita. Penyakit ini menyerang selaput otak (meningen) dan bisa memunculkan cacat malahan kematian.

Jadwal pemanggilan untuk vaksinasi meningitis meningokokus bagi jamaah akan difasilitasi oleh pihak penyelenggara atau biro perjalanan umroh dan Haji. Berita ini berasal berasal dari Sentra Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk isu lebih lanjut bisa menghubungi via nomer telepon: 021-52907416-9, faks: 52921669, Call Center: 021-500567, 30413700.

Berita Layanan Suntik Vaksinasi di KKP Kelas I Tanjung Priok.
KKP Kelas I Tanjung Priok mengerjakan layanan vaksinasi Meningitis bagi jemaah umroh yang singgah lantas ke kantor.
Prasyarat Vaksin Meningitis.

Prasyarat yang sepatutnya dilengkapi untuk menerima vaksin meningitis beserta buku ICV yaitu :

 

Nama layak paspor dan No paspor.
Fotokopi paspor 1 (satu) lembar.
Tepat photo, ukuran 4×6 sebanyak 1 lembar.

Waktu Pelayanan Vaksinasi Meningitis.

Waktu layanan vaksinasi diadakan terhadap hari Senin s/d Jumat, berasal dari jam 08.00 – 15.00, untuk registrasi diawali jam 07.30.

Alur yang diatur oleh KKP Tanjung Priok yaitu :

Ambil nomer antrean.
Jemaah singgah dan mengisi formulir yang sudah disediakan.
Melengkapi daftar formulir dengan sertakan fotokopi paspor 1 lembar.
Kemudian formulir yang telah diisi dan dilengkapi di Letakkan didalam kotak yang sudah disediakan.
Selama knowledge diproses, jemaah dipersilahkan menunggu diruang menunggu yang sudah di sediakan hingga yang bersangkutan dipanggil.
Untuk jemaah wanita yang masih produktif akan dikerjakan percobaan air kencing.
Dikala nama dipanggil oleh petugas, yang bersangkutan (jemaah) masuk kedalam ruang vaksin untuk di melaksanakan vaksinasi.
Sesudah vaksinasi, jemaah lagi menunggu panggilan untuk pengambilan foto barcode ICV.
Progres vaksinasi selesai, jemaah dapat pulang dengan membawa buku ICV.

Kiat paling baik untuk menerima Vaksinasi Meningitis.

Kekebalan vaksin baru terjadi didalam 2 pekan dengan masa kekebalan 2 tahun, karenanya sebaiknya selagi penyuntikan dan keberangkatan dianjurkan tidak cukup lebih 2 pekan sebelum masa keberangkatan haji / umroh. Vaksinasi meningitis berlaku sepanjang 2 (dua) tahun, jikalau jamaah yang telah dulu mengerjakan umroh/haji dan telah dulu divaksin karenanya tak mesti dikerjakan penyuntikan kembali.
Penularan dan Pencegahan Meningitis.

Meningitis yaitu hasil berasal dari infeksi yang menjalar. Kuman atau virus yang sebabkan meningitis dapat tersebar via batuk, bersin, kecupan, atau sharing kelengkapan. Sebagian langkah permulaan untuk mencegah terjangkit meningitis yaitu:

Mencuci tangan.
Membiasakan Gaya Hidup higienis.
Pola hidup sehat.
Menutup mulut dikala bersin atau batuk.

Vaksin Meningitis dikala Hamil.

Seandainya tengah hamil, waspada didalam memilih makanan. Banyak persoalan meningitis virus dan kuman dapat dicegah dengan bermacam-macam ragam vaksin. Diskusikan dengan dokter kalau Anda tak percaya apakah vaksinasi Anda yang terkini atau tak.

Vaksin yang telah ada antara lain:

Vaksin MMR (campak, gondongan dan campak Jerman): Bisa dikasih terhadap usia 12 bulan, vaksin ulangan usia 5-7 tahun.
Vaksin pneumokokus (PCV): Umur di bawah 1 tahun dikasih tiap dua bulan sekali, di atas dua tahun cukup dikasih sekali.
Vaksinasi DTaP/IPV/Hib: Perlindungan terhadap kuman Hib, difteri, batuk, tetanus dan virus polio Vaksin meningitis belum termasuk jadwal imunisasi si kecil namun bisa didapat di Indonesia.

Konsultasikanlah dengan dokter Anda kalau mengharapkan vaksin hal yang demikian. Pemakaian Vaksin Meningitis Untuk Perjalanan Kuman Neisseria meningitidis (meningokokus) jarang ditemukan di Indonesia. Sehingga banyak orang Indonesia yang tak mempunyai kekebalan kepada kuman hal yang demikian.

Vaksinasi betul-betul disarankan bagi orang Indonesia yang bepergian ke kawasan berisiko tinggi. Tempat yang berisiko tinggi atau tempat asal kuman ini yaitu Arab Saudi dan beberapa Negara-negara di Afrika. Calon peserta Umroh diharuskan untuk mendapatkan vaksin meningitis sebelum berangkat untuk mencegah terkena meningitis.

Mengunjungi daerah dengan risiko tinggi terjangkit meningitis Amat dianjurkan untuk menjalankan vaksinasi kepada meningitis kelompok A, C, Y dan W135, kalau bepergian ke tempat berisiko tinggi. Khusus kalau Anda membikin agenda seperti di bawah ini:
Tinggal dengan warga setempat di zona padat untuk mencontoh ibadah Haji atau Umroh di Arab Saudi.
Mengerjakan kesibukan berlebih di zona Haji di Arab Saudi, jadi pekerja musiman atau sebagai TKI.
Tinggal lebih lama berasal dari sebulan sebagai pelancong berangsel.
Vaksin Meningitis Untuk Bayi.

Pemberian Vaksinasi Untuk bayi yang berusia antara dua bulan sampai dua tahun, dosis permulaan vaksin sepatutnya dicontoh dengan dosis kedua tiga bulan selanjutnya.Vaksin meningitis tak pantas untuk bayi yang berusia tidak cukup berasal dari dua bulan. Dikala mereka pertama kali vaksinasi untuk si kecil di bawah lima tahun, vaksin memberi bantuan sepanjang dua sampai tiga tahun. Satu dosis vaksin akan memberi bantuan lebih kurang lima tahun bagi orang dewasa dan si kecil-si kecil berusia di atas lima tahun. Untuk melindungi Anda berasal dari meningitis kelompok A, C, Y, dan W135 diperlukan vaksinasi meningokokus ACYW135.
Efek Samping Suntik Meningitis.

Vaksinasi sepatutnya dikasih dua sampai empat pekan sebelum Anda bepergian sekitar. Efek Samping berasal dari vaksinasi Satu berasal dari sepuluh orang yang disuntik vaksin ACWY akan menerima rasa sakit dan ruam di lebih kurang luka suntikan. Umumnya pengaruh samping ini akan bertahan sepanjang satu hingga dua hari. Respons yang kronis jarang sekali terjadi, namun demam ringan dapat timbul. Situasi ini lebih kerap ditemui terhadap si kecil-si kecil ketimbang orang dewasa.
Lokasi Daerah Suntik Vaksin Meningitis di semua Indonesia.
Berikut wilayah suntik vaksin Menginitis dan tempat tinggal sakit Jabodetabek yang mengeluarkan buku kuning bisa di dapatkan terhadap hari kerja, Senin s/d Jum’at di:
KKP Bandar Soekarno Hata, Cengkareng Telp. 5502277
KKP Bandar Halim Perdana Kusuma Telp. 8000166
KKP Pelabuhan Tanjung Priuk Telp. 43931045
KKP Pelabuhan Merak, Banten Telp. 0254-571083
Garuda Pusat Medika, Kemayoran Telp. 4241000
Prasyarat suntik dan Tarif vaksin Meningitis.

Mengisi Formulir layak Nama Pasport dan No. Pasport.
Fotocopy KTP.
Tarif suntik vaksin Meningitis sebesar Rp. 305.000 (harga tak mengikat).

Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk Suntik Vaksin Meningitis.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Aceh.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Lhokseumawe Jl. Merdeka No.1 0645-43154 / 45869.
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Banda Aceh Jl. Komp Bandar Sultan Iskandar Muda Blang Bintang 0651-7405833.
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Sabang Jl. Bay Pass Km.6 Cot Ba’u Kec. Sukajaya – Sabang 0652-22230.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sumatera Utara.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls I Medan Jl. Pejuang No.219 Belawan 20411, Medan 061-6941343.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Riau.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Dumai Jl. Datuk Laksamana Dumai 0765-31515.
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Tembilahan Jl. Jendral Sudirman No.69 Tembilahan 0768-21341
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Pekanbaru Bandra Sultan Syarif Kasim II, Simpang Tiga, Minggu Baru 0761-885243.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jambi.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Jambi Jl. Sultan Taha / Tanah Timbun – Jambi 0741-22480.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sumatera Selatan.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Palembang Jl. Mayor (L) Memet Sastrawirya No.235, Palembang 30115 0711-710142 .
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bengkulu.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Bengkulu Jl. RE. Martadinata P.Baar – Bengkulu 0736-51616.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Lampung.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Panjang Jl. Sumatera Pelabuhan Panjang – Alamat Lampung 0721-31144.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bangka Belitung.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Pangkal Pinang Jl. Yos Sudarso No.47 Pangkal Pinang 0717-422645.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kepulauan Riau.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Tanjung Pinang Jl. SM. Amin, Tanjung Pinang 0771-21652.
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Tanjung Balai Karimun Jl. Yos Sudarso No.103, Tanjung Balai Karimun 0777-21170.
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls I Batam Jl. Lumba-lumba No.5 Batu Ampar, Batam 29432 0778-412532.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jawa Barat.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Cirebon Jl. Kalimantan No.1 Cirebon 0231-209248.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) DKI Jakarta.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls I Jakarta Airport Perkantoran Bandar Soekarno Hatta Kode Pos 19120 021-5506068.
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls I Tanjung Priok Jl. Raya Pelabuhan No.17 Tg.Priok 021-43931045.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Banten Jl. Mayjen Sutoyo No.23 Desa Gerem Cilegon – Banten 0254-571083.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jawa Tengah.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Cilacap Jl. Selat Madura No. 7 Cilacap 0282-534825.
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Semarang Jl. M. Pardi No.3, Tanjung Mas, Semarang 50129 024-3544122.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jawa Timur.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Probolinggo Jl. Tanjung Tembaga Baru Probolinggo 0335-421918.
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls I Surabaya Jl. Perak Timur 514-516, Surabaya 60165 031-3293231.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kalimantan Barat.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Pontianak Jl. Pak Kasin Gg. Merak III Block C No.1-2, Pontianak 0561-732540.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kalimantan Tengah.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Pulang Pisau Jl. Samudera No.31 Pulang Pisau 0513-61069.
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Sampit Jl. MT. Haryono No.46, Sampit 0531-21700.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kalimantan Selatan.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Banjarmasin Jl. Barito Hilir (Komp. Pel. Trisakti) Banjarmasin 0511-410466.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kalimantan Timur.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Samarinda Jl. Lumba-lumba No.1 Samarinda 75114 0541-742564.
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Balikpapan Jl. Yos Sudarso Pel. Jembatan I, Balikpapan 76111 0542-421740.
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Tarakan Jl. Mulawarman Kec. Tarakan Barat 77111 0551-21334.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sulawesi Utara.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Bitung Jl. DS. Sumolang Bitung 95522 0438-21076.
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Manado Kompl. Alamat Alamat Sam Ratulangi, Mapanget – Manado 0431-811104.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sulawesi Tengah.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Poso Jl. Yos Sudarso No.11, Poso 0452-21540.
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Palu Kompl. Pelabuhan Pantoloan, Palu Sulteng 94352 0451-491096.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sulawesi Selatan.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls I Makassar Jl. Hatta No.3 pelabuhan Makasar 0411-317482.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sulawesi Tenggara.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Kendari Jl. Sukawan No.41 Kendari 0401-321651.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bali.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls I Denpasar Jl. Raya I Gusti Ngurah Rai – Denpasar 0361-751407.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) NTB.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Mataram Jl. Adi Sucipto No.13b Rembiga, Mataram 83114 0370-6162145.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) NTT.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Kupang Jl. Adi Sucipto Penfui – Kupang 0380-821302.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Maluku.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Ambon Kompl. Pelabuhan Laut Yos Sudarso 0911-314762.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Maluku Utara.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Ternate Kompl. Pelabuhan Ahmad Yani, Ternate 97712 0921-21464.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Gorontalo.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Gorontalo Jl. Mayor Dullah No.96, Gorontalo 0435-822816.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Papua.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Merauke Jl. Prajurit Merauke, Merauke Papua 0971-323828.
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Biak Kompl. Pelabuhan Laut, Biak – Papua 0981-21278
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls II Jayapura Jl. Koti II – 2B Jayapura 0967-535553.
Domisili Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Papua Barat.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Manokwari Jl. Siliwangi 15 Kotak Pos 231, Manokwari 0986-214503.
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls III Sorong Kompl. Pelabuhan I G. Dohor No.29-30, Kp. Baru Sorong – Papua 0951-334412.
KKP Tanjung Priok: Daerah Tercepat Suntik Meningitis Untuk Umroh
Dimana saja kita dapat menjalankan suntik meningitis dan mendapatkan buku kuning?

Di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), yang ada di sebagian daerah ini:

KKP Halim Perdana Kusuma
KKP Soekarno Hatta
KKP Tanjung Priok
KKP Tanjung Priuk – Sunda Kelapa
KKP Tanjung Priuk – Marunda
KKP Bandung – Asrama Haji Bekasi

 

Kecuali di KKP dapat termasuk di RS Lazimnya dan RS Fatmawati. Tapi di kedua Rumah Sakit ini berlaku kuota harian, tidak cukup lebih 100 orang per hari. Kami Sarankan jamaah untuk memilih singgah ke KKP Pelabuhan Tanjung Priok yang dipastikan yaitu KKP yang paling sepi dan tak antri.

Letak KKP Tanjung Priok ini benar-benar di didalam pelabuhan. Jadi jamaah masuk aja ke pelabuhannya, nanti ketemu gerbang yang menasihati ke daerah Suntik Meningitis.

 

Catatan Karena:

Tarif Vaksin / Suntik Meningitis yang legal yaitu Rp 305.000,-. Umumnya jamaah termasuk di tawarkan untuk Vaksin yang lain, seperti Influenza dan lain-lain.
Untuk Sekali suntik meningitis berlaku untuk 2 tahun, dan ada termasuk yang berlaku sampai 3 tahun sebab vaksinnya yang kini lebih bagus berasal dari sebelumnya.
Kekebalan vaksin meningitis baru terjadi 2 pekan sesudah suntik. Jadi, pastikan jamaah untuk suntik vaksin paling lambat sebulan sebelum berangkat.
jamaah tak mesti singgah sebelum jam buka. Sebab di KKP Tanjung Priok tak dibagikan nomer antrean sementara. Tepat KKP buka (sekitar jam 7.30 pagi) akan dikasih form registrasi, dan siapa yang paling pesat mengembalikan karenanya ia yang akan duluan dipanggil.

Isu yang bisa kita sampaikan, isu ini disarikan berasal dari bermacam-macam sumber.

Wassalam.