Tips Mengelola dan Meningkatkan Kesehatan Jantung Anda

Terlepas dari kenyataan bahwa tanda-tanda peringatan penyakit jantung sudah terkenal, begitu juga faktor risiko yang berkontribusi terhadap penyakit jantung; Jumlah kematian akibat penyakit jantung tetap mencapai proporsi yang mengkhawatirkan dan wanita sama berisikonya dengan pria. Pada artikel ini kita akan membahas enam cara di mana Anda dapat memperbaiki kesehatan jantung Anda tanpa memerlukan perombakan gaya hidup yang lengkap.

tips jantung sehat

1. Perhatikan Lingkar pinggang

Sementara kita semua perlu memperhatikan berat keseluruhan kita, lingkar pinggang kita secara khusus merupakan indikator bagus tentang seberapa sehatnya hati kita. Wanita yang ukuran pinggangnya lebih dari 89 sentimeter dan pria dengan lingkar pinggang yang melebihi 102 sentimeter paling berisiko terkena penyakit jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa kesehatan jantung Anda dapat ditingkatkan secara substansial dengan kehilangan hanya lima sampai sepuluh persen berat tubuh Anda.

2. Tertawa

Ya itu benar. Tertawa keras secara teratur menurunkan tingkat stres kita dan memberi dorongan pada sistem kekebalan tubuh kita. Orang dengan kadar hormon stres kortisol yang lebih rendah umumnya memiliki tingkat tekanan darah normal, sistem kekebalan tubuh lebih kuat dan cenderung mengalami depresi, suatu kondisi yang diketahui mempengaruhi jantung Anda. Usahakan meluangkan waktu untuk kegiatan yang membuat senyum di wajah Anda dan mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif.

3. Aspirin

Orang yang mengalami serangan jantung sering diberi aspirin oleh layanan medis darurat karena hal ini meningkatkan kemungkinan bertahan hidup dengan mengurangi pembentukan gumpalan di lapisan pembuluh darah. Jika Anda, atau seseorang yang Anda kenal, memiliki gejala serangan jantung, mengunyah aspirin segera bisa mengembalikan aliran darah ke otot jantung dan mencegah serangan jantung yang hebat.

4. Kurangi asupan garam

Garam mungkin tampak tidak berbahaya, tapi kadar natriumnya tinggi adalah penyumbang utama tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung, terutama untuk orang berusia di atas lima puluh tahun. Tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan cara memotong asupan garam Anda satu sendok teh per hari atau dengan menggunakan garam herbal sebagai alternatif.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan risiko penyakit jantung, dan mereka sama sekali tidak membutuhkan banyak usaha. Menerapkan tips mudah ini tidak hanya akan membantu Anda mencegah serangan jantung; Mereka akan membantu Anda menjalani kehidupan yang lebih menyenangkan dan lebih sehat secara umum.

Sumber : http://artikelkesehatan99.com