Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada sistem melahirkan umumnya dikarenakan oleh terdapatnya robekan yang berlangsung dibagian ruang kewanitaan. Robekan atau guntingan menurut arti kedokteran dimaksud dengan episiotomi, yakni pengguntingan yang dikerjakan untuk memperlebar sistem jalan lahir bayi. Walau biasanya dokter bakal memberi anestesi lokal untuk menyingkirkan rasa sakit walau demikian anda bisa meminimalkan terjadinya episiotomi.

Berikut beberapa tips melahirkan normal tanpa jahitan :

1. Mempersiapkan diri sebelumnya persalinan
Hal pertama yang perlu anda kerjakan yaitu membuat diri anda meyakini kalau sistem persalinan akan berjalan dengan baik. Kekuatan diri anda dalam melakukan sistem normal yaitu satu diantara modal awal untuk memasuki persalinan normal tanpa ada jahitan. Mengenai cara-cara seperti pijatan prenium yang umunya dikerjakan pada bebrapa bulan akhir trimester ketiga atau adapula yang melatih dengan sistem senam kegel yang mempunyai tujuan melatih otot-otot di lubang pengeluaran.

2. Mengaplikasikan gaya hidup sehat selama hamil
Dengan pola makan sehat serta vitamin yang memenuhi, jadi kulit serta jaringan badan lain bakal berperan maksimal. Kompliti dengan berolahraga untuk ibu hamil serta senam kegel untuk membangun badan yang kuat. Kerjakan relaksasi untuk mengurangi stres.

3. Pijat perineum
Pijat perineum sepanjang kehamilan bisa menopang menyiapkan perineum Anda untuk kelahiran hingga resiko vagina robek bisa menyusut. Pijat perineum dapat juga menghindar Anda dari episiotomi. Bukan sekedar menolong masalah fisik, pijat perineum sepanjang kehamilan dapat juga menambah keyakinan wanita pada kekuatan badannya untuk meregang dan melahirkan bayi.

4. Upayakan Untuk Tak Mengangkat Bokong
Mengangkat pantat (bokong) waktu sistem persalinan dapat menyebabkan robekan jalan lahir si bayi menjadi lebih luas. Hal semacam ini dikarenakan jika pantat anda diangkat, jadi tak ada penyangga hingga otot jadi gampang koyak.

5. Memilih Tempat
Penentuan tempat adalah satu diantara aspek untuk memperoleh sistem persalinan normal tanpa ada jahitan, walau semuanya kembali ke keadaan kesehatan anda serta janin walau demikian pertolongan tempat yang nyaman bisa membuat anda santai serta melakukan persalinan dengan lancar. Pastikan tempat yang sangat mungkin anda bergerak bebas umpamanya tempat tidur yang tidaklah terlalu sempit serta menggangu sistem persalinan, situasi yang sangat ramai akan membuat anda tak santai serta menyebabkan kekhawatiran yang berlebihan yang menyebabkan terganggunya sistem persalinan.

6. Memerhatikan posisi kala melahirkan
Posisi yang tidak sama waktu melahirkan bisa membuahkan desakan yang tidak sama pada perineum. Sebagian gerakan yang bisa dilakukan diantaranya berbaring dengan posisi miring, duduk, atau berlutut dengan menyimpan dua tangan ke arah depan.

7. Hindari Kelelahan Pada Periode Akhir Kehamilan
Satu diantara pemicu terjadinya episiotomi adalah karna masalah pada ibu hamil. Masalah enteng yang dapat berpengaruh yaitu kelelahan hingga butuh dilakukan robekan atau pengguntingan. Oleh karenanya, kurangilah kesibukan yang berlebihan saat mendekati sistem persalinan. Buat badan anda beristirahat serta menentramkan fikiran. Diluar itu, cermati juga asupan makanan anda sebagai daya untuk anda kala melakukan persalinan.

8. Memakai pelumas
Gunakan pelumas dengan bahan dasar minyak mineral yang dihangatkan untuk mengurangi gesekan serta memudahkan keluarnya bayi.

9. Menjaga perineum terus hangat
Keadaan hangat bakal membuat aliran darah meningkatkan serta melemaskan otot sekitaran perineum. Letakkan handuk atau kain hangat di sekelilingnya. Bila sangat mungkin, minta seorang untuk menghimpit sisi perineum dengan handuk hangat untuk menjaganya tak robek saat kepala bayi mendorong keluar.

10. Mengatur pernafasan
Biasanya, dokter atau perawat bakal memberitahukan kapan Anda mesti mengejan. Saat kepala bayi telah mulai terlihat, jadi calon ibu bakal disuruh berhenti mengejan serta mengambil sebagian napas pendek yang di keluarkan lewat mulut. Hal semacam ini dapat membuat kepala bayi keluar dengan lembut serta perlahan-lahan, hingga otot serta kulit perineum bisa meregang tanpa ada robek. Lakukan sesuai dengan anjuran mereka supaya bisa melahirkan normal tanpa ada jahitan.