3 Masjid Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia

3 Harga Kubah Masjid Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia

3 Harga Kubah Masjid Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia

Agama Islam disebarkan oleh tokoh Wali Songo di Indonesia sudah sejak dari jaman kerajaan seperti saat Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Mataram, Kerajaan Demak, Kerajaan Cirebon, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Dari masa kerajaan tersebut kemudian banyak terdapat peninggalan-peninggalan yang menjadi saksi bahwa agama islam telah lama berkembang di Indonesia seperti halnya bangunan masjid bersejarah, buku-buku, dan lain sebagainya. Baca selengkapnya : harga kubah masjid terbaru.

Salah satu peninggalan dari kerajaan Islam berupa bangunan bersejarah yang sampai saat ini terus dikembangkan dan dibangun adalah masjid. Sebagai tempat peribadatan bagi umat islam, masjid pada jaman dulu juga memiliki fungsi lain sebagai pusat kegiatan keagamaan umat Islam seperti tempat pendidikan tentang nilai-nilai agama Islam, tempat berkumpul dan diskusi para tokoh agama terutama Wali Songo, dan lain – lain.

Beberapa masjid peninggalan kerajaan Islam bahkan sampai sekarang masih ada dan masih berdiri kokoh. Padahal pembangunannya memakan harga kubah masjid yang tidak terlalu mahal. 3 contoh masjid tersebut diantaranya adalah:

  1. Masjid Agung Demak

Masjid yang dibangun oleh raja pertama dari Kerajaan Demak yang bernama Raden Patah bersama para Wali Songo ini tepatnya mulai dibangun pada tahun 1466 dan pembangunannya selesai pada tahun 1479 Masehi.  Bangunan utama Masjid Agung Demak ditopang oleh empat tiang atau saka utama yang diberi nama saka Guru, dimana salah satu dari keempat tiang tersebut terbuat dari serpihan kayu yang dinamakan saka Latal.

Selain bangunan masjid utama, di samping bangunan masjid Agung Demak juga terdapat  Museum masjid Agung Demak yang di dalamnya terdapat berbagai koleksi unik masjid yang bersejarah. Beberapa diantara koleksi masjid tersebut adalah Beduk dan Kentongan yang dulu kabarnya dibuat oleh Wali Songo. Kemudian ada juga kitab tafsi Al-Qur’an Jus 15-30 yang ditulis tangan oleh Sunan Bonang.

  1. Masjid Sultan Ternate

Tentang kapan tepatnya masjid Sultan Ternate dibangun ada beberapa sumber pendapat yang berbeda, sehingga sampai saat ini belum diketahui secara pasti kapan tepatnya pembangunan masjid yang satu ini dilakukan. Dari pendapat-pendapat tersebut  diantaranya mengatakan bahwa masjid Sultan Ternate dibangun pada masa kepemimpinan Sultan Zainal Abidin. Namun ada juga yang berpendapat bahwa masjid ini didirikan sekitar awal abad ke-17.

Pada tahun 1486 kerajaan ternate telah menetapkan agama Islam sebagai agama resmi kerajaan. Sehingga kemegahan dari bangunan masjid Sultan Ternate ini seolah menjadi bukti sekaligus simbol tentang penyebaran agama islam dan keberadaan kerajaan islam di wilayah timur Indonesia.

  1. Masjid Agung Banten

Salah satu masjid tertua di Indonesia ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan pertama dari kesultanan banten, Sultan Maulana Hasanuddin, yaitu tepatnya pada tahun 1560. Uniknya pada bagian atap bangunan masjid ini menyerupai pagoda khas Cina karena di bangun oleh arsitek dari Cina bernama Tjek ban Tjut. Selain itu untuk menara masjid yang tingginya 24 meter dibangun oleh seorang arsitek Belanda bernama Hendrik Lucasz Cardeel.

Selain tiga bangunan masjid yang sudah dijelaskan di atas, masih banyak lagi masjid-masjid di Indonesia yang ternyata merupakan peninggalan dari Wali Songo. Dengan adanya keberadaan masjid tersebut, bisa menjadi bukti dan simbol betapa agama Islam sudah lama berkembang di nusantara sejak dari masa kerajaan Islam. Baca juga artikel selanjutnya : harga kubah masjid murah.