Tips Mengerjakan Soal Saat Ujian

Untuk membahas tentang tips mengerjakan soal saat ujian, mari kita asumsikan mulai dari saat siswa belajar untuk persiapan ujiannya di malam hari. Setelah itu, akan dibahas alur menyelesaikan soal ujian dalam ruangan. Selamat menyimak.

Begini cara dan tips mengerjakan soal saat ujian nasional, sekolah, dan ulangan harian

Tips Mengerjakan Soal Saat Ujian

Pertama, persiapan

Persiapkan diri Anda dengan matang. Persiapan yang perlu Anda lakukan meliputi;

Persiapan materi (belajar). Anda perlu belajar secara menyeluruh tentang materi yang diujikan. Pastikan Anda paham minimal 85% dari materi yang diujikan. Perhatikan KKM sebagai ukuran.

Persiapan materi ini bisa ditempuh dengan beberapa cara. Mulai dari belajar dari buku sekolah, beli buku latihan khusus untuk ujian nasional sendiri, dan lewat online. Untuk mengukur seberapa mampu Anda mengerjakan soal, coba banyak soal latihan. Jangan lupa untuk menggunakan jam tangan Anda saat mengerjakan soal. Tujuannya, agar bisa tahu rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan soal.

Jika bingung mau download dimana soal latihan secara gratis, http://www.hindayani.com merupakan situs pendidikan dengan soal latihan yang banyak dan beragam. Anda bisa mendownload di sana.

Selain materi Anda juga perlu menyiapkan mental Anda. Kemudian, jangan lupa untuk menyiapkan alat tulis yang dibutuhkan. Kalau pakai pensil, usahakan ada cadangan. Jangan hanya satu.

Kedua, saat ujian

Tips mengerjakan soal saat ujian yang kedua adalah dengan berdoa. Yups, sebelum mengerjakan usahakan berdoa dulu. Kemudian isikan nama atau identitas Anda secara lengkap. Baca perintah yang ada di soal, analisa dengan baik, baru kerjakan.

Mulai dengan mengerjakan soal yang paling mudah dan paling Anda kuasai. Lanjutkan dengan soal dengan tingkat kesulitan menengah (biasanya membuat kita ragu-ragu akan jawabannya). Lanjutkan dengan yang merasa lupa atau tidak ingat sama sekali (paling sulit).

Jika ada soal dengan nilai yang besar per soalnya (biasanya soal essay), kerjakan yang memberikan nilai terbesar. Lalu ke soal yang benar-benar sulit (pokoknya diakhirkan).

Selama mengerjakan soal, usahakan tetap rileks tapi fokus. Jangan goyah dengan bisikan jawaban dari teman jika memang Anda merasa yakin dengan jawaban Anda.

Perhatikan jam atau waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal. Manajemen waktu saat mengerjakan soal sangat penting. Ini bisa Anda letakkan di awal sebelum mengerjakan soal. Misalnya diberi waktu 90 menit untuk mengerjakan 30 soal, maka Anda bisa membaginya dalam kategori berikut;

  1. Menyelesaikan soal dalam 60 menit (per soal waktunya 2 menit)
  2. Fokus ke soal sulit 10 menit
  3. 20 menit untuk meneliti jawaban dan melakukan simulasi hasil yang didapatkan.

Finishing

Yang dimaksud dengan simulasi hasil ujian  dalam tips mengerjakan soal saat ujian di atas adalah;

Setelah Anda melakukan screening jawaban Anda secara teliti. Hitung kembali jumlah benar dan salah (didasarkan pada keyakinan Anda; yakin benar, ragu-ragu, dan mungkin salah karena terlalu sulit). Hitung soal yang Anda yakini benar dan berapa nilainya. Inilah nilai minimal yang akan Anda dapatkan untuk mata pelajaran tersebut.

Misalnya dari 30 soal yang diujikan, Anda yakin telah menjawab dengan benar 20 soal. Artinya, nilai minimal yang mungkin Anda dapatkan adalah 20/30 x 100 = 66,7.

Jika KKMnya adalah 75, maka Anda perlu yakin dengan beberapa soal lagi bahwa jawaban Anda benar. Yakni dengan cara;

75/100 * 30 = 22,5

Amda harus menjawab minimal 23 soal dengan benar. Yakinkan 3 jawaban benar lagi untuk nilai ujian di atas KKM.

Itulah cara yang benar untuk mendapatkan nilai tinggi dalam tips mengerjakan soal saat ujian yang perlu Anda lakukan.