Manfaat dan Macam-macam Merchandise Promosi

 

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa merchandise promosi memang sangat berkaitan dengan kegiatan pemasaran. Pasalnya merchandise banyak digunakan perusahaan untuk memperluan jaringan konsumen baru sekaligus meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan. Merchandise merupakan suatu barang yang seringkali dipilih sebagai wakil perusahaan. Dimana barang ini diterima dengan suka hati oleh para konsumen atau pelanggan yang mendapatkannya. Menariknya lagi, merchandise tidak membutuhkan budget yang tinggi,  namun tetap bisa menarik perhatian pelanggan dengan mudah. Oleh karena itulah kenapa pemberian merchandise kepada masyarakat masuk dalam salah satu strategi promosi yang selalu dilakukan oleh banyak perusahaan. Hal ini terbukti dari banyaknya perusahaan atau pebisnis yang memesan merchandise atau souvenir dalam jumlah banyak. Souvenir promosi memang sangat mempengaruhi kesuksesan pemasaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Maka dari itu, memilih merchandise yang tepat adalah suatu keharusan agar kegiatan promosi yang dilakukan bisa tepat sasaran dan memiliki nilai guna sehingga memberikan keuntungan besar bagi perusahaan sekaligus manfaat untuk konsumen.

 

Dalam kegiatan pemasaran, pastikan jika merchandise promosimenarik di mata konsumen dan juga diberikan pada orang-orang yang memang menjadi target pemasaran. Jika kedua aspek tersebut tidak terpenuhi, maka jangan terlalu berharap aktivitas promosi perusahaan Anda bisa berjalan lancar. Selain itu, pastikan jika melalui merchandise tersebut perusahaan atau produk yang Anda tawarkan semakin dikenal oleh banyak orang. Anda bisa melakukan survey pada beberapa daerah yang masyarakatnya pernah diberikan merchandise dari kantor sebagai upaya promosi. Tanyakan apakah mereka mengenal produk perusahaan Anda atau tidak. Jika mereka mengenalinya, maka bisa dikategorikan bahwa kegiatan promosi Anda telah berhasil.

 

Memang, ada banyak sekali manfaat menyediakan merchandise sebagai sarana promosi perusahaan. Beberapa diantaranya adalah membantu perusahaan memperkenalkan produk pada konsumen, meningkatkan omset penjualan, menarik perhatian konsumen dan lain sebagainya. Macam-macam merchandise promosisendiri sangat beragam mulai dari pulpen, payung, mug, kaos, tempat minum, tempat makan dan lain sebagainya. Di barang-barang itulah Anda akan menampilkan merk atau bran perusahaan beserta dengan gambar atau teks pendukung supaya terlihat lebih menarik dan unik.