Mebel Jepara dan Sejarahnya

Mebel Jepara dan Sejarahnya

Mebel Jepara memiliki sejarah yang panjang. Sejak zaman dahulu, Jepara merupakan daerah industri mebel yang sangat dinamis. Hingga saat ini, Jepara merupakan salah satu kota yang memiliki jumlah pengrajin mebel terbanyak di Indonesia. Kondisi ini dimulai ketika pemerintah Jepara berinisiatif untuk mengekspor kerajinan mebelnya ke wilayah lain. Ekspor tersebut terbukti sukses dan meningkatkan perekonomian di wilayah Jepara. Sejak saat itu, Jepara mengalami peningkatan industri mebel yang sangat pesat. Kualitas mebel yang berasal dari Jepara sudah tidak dapat diragukan. Kayu yang digunakan merupakan kayu yang berkualitas. Desain yang kokoh dan indah menjadi salah satu keunggulan utama dari mebel yang berasal dari Jepara.

Salah satu contohnya adalah partisi. Gebyok merupakan sebuah partisi yang memiliki karakteristik Jawa yang sangat khas. Dengan ukiran dan ornamen yang mendetail, partisi ini digemari oleh banyak orang, terutama yang menggemari budaya Jawa. Setiap ukiran yang berada di partisi tersebut memiliki nilai seni tersendiri, sehingga tidak jarang orang-orang memesan sebuah partisi khusus dengan desain ornamen yang ia senangi. Semakin rumit desain ukiran yang diminta, maka semakin mahal pula harganya. Partisi ini biasa digunakan untuk menyekat ruangan yang berbeda. Beberapa orang lebih senang menggunakan partisi ini sebagai hiasan di pintu masuk. Penggunaan partisi khas Jawa ini pada dasarnya cukup fleksibel, sehingga dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

 

Adapun terdapat dua jenis partisi yang biasanya tersedia di pasaran, yakni Gebyok minimalis dan biasa. Pada partisi khas Jawa yang minimalis, biasanya ukiran tidak begitu mendetail atau sederhana. Lain daripada jenis tersebut, terdapat beberapa partisi yang polos. Biasanya partisi seperti ini digemari oleh orang-orang yang menyukai desain minimalis dan cenderung modern. Partisi sejenis ini lebih baik disandingkan dengan furnitur lain yang memiliki ukiran lebih mendetail untuk menyeimbangkan elemen yang berada di ruangan. Anda bisa memadukannya dengan kursi berbahan kayu jati untuk memaksimalkan nuansa Jawa. Paduan tersebut akan terlihat indah untuk diletakkan di ruang tamu, ruang keluarga, ataupun bagian pendopo rumah Anda.