Permen Susu Pangalengan, oleh-oleh yang tak boleh terlewat

Kecamatan Pangalengan tidak cuma populer keindahan alamnya, disana juga ada peternakan sapi Koperasi Peternak Sapi Bandung Selatan (KPBS). Tidak hanya susu murni, kuliner yang memiliki bahan susu juga bermunculan disini, seperti permen susu pangalengan, kerupuk, dodol susu, serta banyak yang lainnya.

Satu diantara produsen permen susu yang berada di Pangalengan yaitu Pabrik TK Sukamenak. Pabrik punya Ibu Ipah Datipah ini memproduksi makanan ringan bahannya susu, dari mulai permen susu karamen, dodol susu, serta kerupuk susu.

Ibu Ipah dirikan pabrik ini karena terdorong untuk memanfaatkan susu yang berlimpah disana. Pada 1969 susu hasil peternak KPBS banyak yang basi serta terbuang sia-sia. Kemudian Ipah selalu berfikir untuk menyelamatkan susu itu. Ipah kemudian temukan langkah supaya susu itu dapat bertahan lama serta tidak terbuang dengan coba buat bahan olahan dari susu seperti permen susu.

Permen produksi Pabrik TK nyatanya begitu disukai di market. Bahkan juga seiringnya saat, makakana ini jadi oleh-oleh ciri khas Pangalengan. Beberapa wisatawan takkan melewatkan ke Pangelangan sebelum beli oleh-oleh itu yang saat ini banyak di jual di pangalengan.

Permen Susu Berbuah Upakarti

Ketekunan serta usaha keras Ipah mebuahkan penghargaan Upakarti Layanan Dedikasi dari pemerintah. Penghargaan itu terima pada Desember th. 1992. Ipah dipandang berjasa memakai limbah susu di Kecamatan Pangalengan pada 1970-an.

Waktu itu Ipah berhasil memakai sekitaran 300 liter susu /hari untuk hasilkan sekitaran 90 kg karamel serta dodol susu /hari. Pabrik TK juga dipandang industri kecil yang dapat berkembang serta dapat menyerap 25 tenaga kerja.

Permen susu pangalengan umumnya di jual dengan kiloan dengan ukuran berat paling kecil 250 gr atau seperempat kilo. Kemasannya berbentuk dua lembar kertas. Kertas untuk sisi dalam memakai kertas bening, sedang untuk sisi luar memakai kertas yang berwarna-warni hasil cetakan.

Permen susu pangalengan hingga saat ini tetaplah jadi favorite wisatawan yang bertandang ke Pangalengan. Buktinya waktu libur Lebaran 2016, banyak pelancong yang beli oleh-oleh ciri khas Pangalengan ini. Beberapa pelancong yang datang dari luar Bandung umumnya membelinya dalam jumlah banyak.

Permen susu pangalengan sediakan beragam rasa, seperti rasa orisinal, rasa cokelat, strobery, nenas serta pisang. Harga nya beragam dari mulai Rp 6. 000, Rp 20. 000 sampai Rp30. 000 per bungkus Nah, bagi anda yang selesai melakukan aktivitas rafting pangalengan bisa mampir untuk membeli permen susu pangalengan.

Artikel di ambil dari : serbabandung.com